TUGAS
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“PROPOSAL PEMBUATAN E-Commerce Shopscloth.Com”
Disusun Oleh :
·
Ainur Ridwan (50416423)
·
Luthfi Rizky Perdana (54416146)
·
Melinda Putri J (54416367)
·
Muhammad Fikry M (54416858)
·
Muhammad Yusuf Herlambang (55416146)
·
Revinna Novianti Br Munth (56416232)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNDARMA
2019
NAMA :
AINUR RIDWAN
N.PANGGILAN : AIBON
NPM :
50416423
NAMA :
MUHAMMAD YUSUF HERLAMBANG
N.PANGGILAN : YUSUF
NPM :
55416146
NAMA :
LUTHFI RIZKY PERDANA
N.PANGGILAN : LUTHFI
NPM :
54416146
NAMA : REVINNA
NOVIANTI BR MUNTHE
N.PANGGILAN : INA
NPM :
56416232
NAMA :
MELINDA PUTRI JULIANI
N.PANGGILAN : MELI
NPM :
54416367
NAMA :
MUHAMMAD FIKRY M
N.PANGGILAN : FIKRY
NPM :
54416858
1.1.
Latar Belakang
Teknologi bukan lagi menjadi hal baru bagi sebagian
orang, sebab teknologi terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Berbagai
jenis teknologi yang ada pada saat ini merupakan perkembangan dari yang sudah
ada sebelumnya. Seperti halnya komputer, alat komunikasi dan lainnya.
Perkembangan teknologi terjadi sangat cepat dan mendunia. Tanpa terkecuali di
Indonesia. Berbagai dampak ditimbulkan dari perkembangannya dan menjadikan masyarakat
di indonesia lebih modern. Teknologi telah memberikan banyak sekali perubahan
diberbagai sektor kehidupan. Sebab, teknologi menawarkan kemudahan yang belum
didapatkan sebelumnya.
Dalam bidang perdagangan teknologi berperan penting
sebagai tempat untuk meningkatkan daya penjualan dalam meningkatkan ekonomi
masyarakat. Perdagangan menggunakan teknologi elektronik ini bisa kita sebut
sebagai E-commerce. E-commerce ini berperan penting dalam
menyuguhkan informasi yang detail dan dapat berfungsi sebagai mode penjualan
atau pembelian yang efisien waktu dan tidak memakan biaya transport
berlebih. Disamping itu E-commerce ini berperan penting sebagai
tempat promosi karena cakupan yang luas dengan jaringan internet. Dengan biaya
promosi yang tidak terlalu tinggi penjual dapat melakukan promosinya dimanapun
dan kapanpun.
Oleh karena itu kami ingin membangun sebuah E-commerce toko pakaian shopscloth.com yang bertujuan memudahkan konsumen dan pelaku bisnis
dalam berbagai aspek bisnis. Selain itu dengan terbentuknya website ini
peningkatan pendapatan, dan loyalitas pelanggan pun tidak luput menjadi tujuan
yang penting dalam membangun website ini.
1.2.
Visi dan Misi
a)
Visi
Menjadi
tempat jual dan beli yang up to date dan
menyenangkan
b)
Misi
·
Menjadikan situs yang
ramah dalam pelayanan dan terpercaya dalam bertransaksi jual dan beli
·
Menjual barang-barang
dengan produk high quality
·
Menjadikan situs yang
mudah dalam hal bertransaksi
1.3.
Tujuan
Penulisan ini bertujuan untuk memudahkan setiap transaksi dan memodernisasi pelaku
bisnis dan konsumen. Sehingga diperolehnya keuntungan dari kedua belah pihak.
Dan sebagai pelaku ekonomi penulis ingin menciptakan kemudahan dalam setiap
kegiatan berbisnis.
Memberikan informasi yang detail dan akurat sesuai dengan
apa yang tertera didalam informasi yang ditemukan oleh konsumen pada website
toko pakaian muslim. Tidak hanya itu, konsumen akan dimudahkan dengan transaksi
yang efisien dari segi waktu, transport, dan pembayaran. serta untuk pelaku
bisnis akan mendapat keuntungan dari cara pemasaran yang praktis dan efektif.
1.4.
Profil perusahaan
shopscloth.com
Perusahaan
shopscloth.com adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang E-Commerce.
Perusahaan ini menyediakan pakaian trendy anak muda terbaru yang dimana
perusahaan kami bekerja sama dengan brand brand local yang kualitas tidak kalah
dengan non local, sehingga konsumen khususnya kaula muda akan tertarik dengan
penawaran perusahaan. Disini konsumen bebas memilih produk yang di inginkan
yang terdapat pada website shopscloth.com.
1.5.
Struktur Organisasi Perusahaan
shopscloth.com
1)
Sumber daya manusia :
Perusahaan shopscloth ini dikelola oleh 6 orang :
·
1 orang sebagai kepala
perusahaan
·
1 orang sebagai IT engineer
·
1 orang sebagai HRD
·
1 orang sebagai manager
·
1 orang sebagai kepala
pemasaran
·
1 orang sebagai kepala
pengantar barang
Tugas tugas dari setiap bidang – bidang
organisasi di shopscloth.com adalah sebagai berikut :
a) Kepala
perusahaan :
·
Bertanggung jawab penuh
atas kendali perusahaan
·
Bertanggung jawab atas
seluruh anggota shopscloth.com
b) IT
engineer :
·
Bertanggung jawab penuh
atas system aplikasi website shopscloth.com
·
Bertanggung jawab atas
segala bentuk data-data digital perusahaan
·
Bertanggung jawab
terhadap maintenance aplikasi website
·
Bertanggung jawab atas
setiap pengembangan aplikasi website
c) HRD
:
·
Bertanggung jawab atas
segala penilaian kinerja karyawan perusahaan
·
Bertanggung jawab
dengan segala penyeleksian / penerimaan karyawan
·
Bertanggung jawab
dengan segala evaluasi dan pengembangan karyawan
d) Manager
:
·
Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha
·
Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
·
Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis
·
Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha
e) Kepala Pemasaran :
·
Bertanggung jawab atas segala ketersediaan barang yang ingin
dipasarkan
·
Bertanggung jawab atas mengkoordinir kegiatan pemasaran
·
Bertanggung jawab atas data pemasaran yang keluar dan masuk
·
Bertanggung jawab atas stock dan ketersediaan barang
f) Kepala pengantar barang :
·
Bertanggung jawab atas setiap pengiriman barang
·
Bertanggung jawab atas setiap data barang yang dikirm,
rejected, atau penukaran
·
Bertanggung jawab mengkoordinir setiap karyawan/kurir yang
mengantarkan barang
·
Bertanggung jawab atas memastikan barang telah sampai kepada
konsumen
1.6.
Sumber informasi Tentang
Penawaran Atau peluang TIK
1)
Produk
yang dihasilkan dari shopscloth.com
Produk
yang terdapat pada shopscloth.com ialah produk pakaian fashion untuk pria dan
wanita. Produk yang dijual memiliki kualitas yang baik dan dilakukan pengecekan
fisik sebelum dipasarkan kepada konsumen.
2)
Klasifikasi Produk yang di jual pada shopscloth.com
Terdapat klasifikasi produk yang tersedia di shopscloth.com sehingga
konsumen dapat dengan mudah untuk memilih produk dengan sesuai kategori yang
diinginkan, sebagai berikut :
1.
Fashion Wanita
2.
Fashion Pria
3.
Merchandise
3)
Jenis Jenis Produk yang dihasilkan adalah :
·
T-Shirt Wanita
·
T-Shir Pria
·
Jaket wanita
·
Jaket pria
4)
Bahan Baku dan peralatan yang digunakan :
·
T-Shirt polos berbagai macam
warna (high quality)
·
Jaket (Hodi, parka, bomber)
·
3 unit paket computer
·
Printer OKI A4 Tinta Putih
White Toner Mesin Sablon Kaos Laser oki + Tinta
5)
Identifikasi Sumber tempat membeli barang-barang tersebut :
·
Toko computer dan aksesoris
computer
·
Pusat grosir kain t-shirt polos
high quality
·
Pusat grosir berbagai macam
jaket
·
Toko online ternama
6)
Kebutuhan Modal :
·
Paket Komputer : 6,500,000 /
unit = 19,500,000 /3 unit
·
T-Shirt polos : 40,000 /pcs =
4,000,000 / 100 pcs
·
Jaket hodi : 70,000 / pcs = 1,750,000 / 25 pcs
·
Jaket parka : 60,000 / pcs =
1,500,000 / 25 pcs
·
Jaket bomber : 72,500 / pcs =
1,812,500 / 25 pcs
·
Printer OKI A4 Tinta Putih
White Toner Mesin Sablon Kaos Laser oki + Tinta = 19,900,000 / unit
·
Hosting : 750,000 / tahun
Total modal = 49.212.500
7)
Daftar harga jual produk :
a)
T-Shirt
·
Polos : 60,000 / pcs
·
Print custom : 80,000 / pcs
·
Print : 70,000 /pcs
b)
Jaket hodi
·
Polos : 90,000 / pcs
·
Print Custom : 110,000 / pcs
·
Print : 100,000 / pcs
c)
Jaket parka
·
Polos : 80,000 / pcs
·
Print Custom : 100.000 / pcs
·
Print : 90,000 / pcs
d) Jaket bomber
·
Polos : 95,000 / pcs
·
Print Custom : 115.000 / pcs
·
Print : 105,000 / pcs
1.7.
Kebutuhan Dokumen yang Tertuang
dalam KAK ( Kerangkan Acuan Kerja) atau TOR ( Term Of Reference ) Atau Bidding
Document
Identifikasi kebutuhan adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan
rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan
rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja
(KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
1. Uraian kegiatan yang akan
dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan, lokasi kegiatan,
sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar belakang usaha ini
karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan kado unik yang
semakin meningkat.
2. Waktu yang diperlukan
dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana
pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa. Waktu yang diperlukan untuk
membuka usaha ini sesuai kelengkapan pengadaan barang-barang, peralatan dan
lainnya.
3. Spesifikasi teknis
barang/jasa yang akan diadakan. Dalam usaha jasa pembuatan kado yang akan
diadakan seperti cetak foto karikatur dan pembuatan plakat dengan ukuran S, M,
dan L.
4. Besarnya total perkiraan
biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan
tersebut. Dalam pengadaan jasa pembuatan kado total perkiraan modal sekitar Rp.
8.000.000,-.
Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah
Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk
penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang terjadi di lapangan, karena proses pengadaan yang
dilakukan dimulai dari identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan
KAK juga hanya dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban
dokumen dalam penyusunan anggaran belaka.
Sering terjadi, karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun,
maka KAK yang disusun hanya sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun
sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah sasaran dan mencocokkan nilai
anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara
asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan proses pengadaan menjadi kacau balau, karena
ruh utama pengadaan, yaitu identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara
jelas dan dipahami secara mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses
penyusunan KAK berhenti hanya sebatas pemenuhan persyaratan administratif dalam
penganggaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar